Laman

Kamis, 18 Maret 2010

Pekerjaan seorang Purchasing

Saya akan mencoba memberikan pengalaman saya didalam pekerjaan seorang Purchasing, dimana seorang purchasing itu tugas pokoknya adalah membeli baik itu membeli suatu barang ataupun jasa.

Bila sales sedang meminta barang atau menanyakan harga dari barang yang akan di jual, si Purchasing lah yang harus mencari harga barang terbaik dan tidak luput pula ketersediaan barang tersebut, karena tidak semua sales butuh barangnya pada hari itu, terkadang butuhnya 2-3 minggu kemudian. karena sales harus membuat quatation dahulu ke customer, bila customer setuju (buka PO) maka Sales akan buka SO (Sales Order) lalu akan di approve oleh atasan dan SO tersebut akan di distribusikan kepada Admin Sales, Gudang, Produksi dan si Sales tersebut. Bila di Gudang ada stock barang maka gudang tidak akan meminta membeli barang tersebut, namun bila stock barang kosong maka gudang akan menginformasikan kepada Purchasing agar barang tersebut dapat dibelikan secepatnya.

Dimana pembelian itu didasarkan oleh beberpa hal, diantaranya :

Kita harus membandingkan harga satu barang dengan yang lainnya, sudah tentu kita harus memilih barang    dengan harga yang bagus.

Kualitas barang satu dengan yang lain, kita harus pandai mencari barang dimana dengan harga yang rendah mendapatkan barang yang berkualitas tinggi karena percuma bila barang yang kita dapat dengan harga rendah namun kualitasnya buruk.

Support yang bagus, karena disetiap pembelian kita pasti memerlukan support yang bagus baik itu support dalam membeli suatu barang ataupun support didalam maintenance barang yang kita beli tersebut.

Term Of Payment, atau syarat-syarat pembayarannya karena biasanya disetiap perusahaan bila ingin membeli barang, selalu mencari TOP yang lama atau dapat memberikan jangka waktu didalam pembayarannya, karena bila sistem pembayarannya COD atau CBD maka perusahaan tersebut akan mengalami permasalahan didalam roda perputaran uangnya.

Jadi bila kriteria pencarian diatas dapat terpenuhi semua, maka kita sudah dapat membeli barang sesuai harapan perusahaan, baik dari segi harga, kualitas, support dan juga pembayarannya.

Setelah kita membeli barang tersebut, maka datanglah Invoice atau tagihan ke kita, kalau di perusahaan saya biasanya Purchasinglah yang melengkapi segala syarat untuk dapat diserahkan ke finance agar dibayar tagihannya tersebut, baik dalam melengkapi DO, Tanda Terima, PO, Buat Voucher Keluar, Minta tanda tangan persetujuan ke atasan, sampai memberikan tagihan yang sudah 'lengkap" kepada finance.

Dan bukan sampai itu tugas Purchasing, setelah membeli barang sesuai ketentuan maka Purchasing harus merekap pembeliannya tersebut dan akan dilaporkan kepada Accounting, Audit, dan juga Atasan.

Bila dirinci secara teori maka garis besarnya adalah seperti diatas, namun kalau kita mengalaminya secara langsung maka akan berbeda...  :)

Demikian garis besar pekerjaan seorang Purchasing yang saya alami, baik senang maupun duka, kita harus bekerja secara optimal karena atasan kita sudah mempercayakan pekerjaan tersebut kepada kita dan kita tidak boleh mengecewakannya dan harus membayar kepercayaan tersebut dengan bekerja keras.      


Best Regards,
teguh NUGROHO



78 komentar:

  1. bisa ndak lebih di perjelas lagi sebenarnya seorang purchasing itu bagaiana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Purchasing itu sama dengan Finance, Accounting, Sales, Admin secara garis besarnya adalah bagian atau divisi dari suatu perusahaan, dimana setiap bagian atau divisi tersebut mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing, dan purchasing disini mempunya tugas dasar untuk pengadaan barang.

      Semoga membantu.. :)

      Hapus
    2. Saya mau nanya dong, mohon di balas yaa. Emg pekerjaan purchasing jam kerjanya lama yaa? Masuk akal gak sih dari jam 9 pagi sampe jam set6 kalo normal dan kalo lembur katanya sampe jam 1 atau set2an malem. Emg bener begitu ya?

      Hapus
    3. hallo! saya bantu jawab ya... staff purchasing tidak serumit itu. pekerjaannya sama seperti akunting yang berhubungan dengan internal maupun ekternal perusahaan. umumnya jam kerja sama dengan jam kerja staff lainnya... tidak seperti sales yang biasanya shift.

      Hapus
    4. Halo saya bantu jawab ya
      Papa:ma hari ini masak apa??
      Mama: hari ini masak sop ayam pa
      Papa:ooh mantap tu,sudah dibeli bahan2 untuk masaknya ma??
      Mama:iya pa,ni lagi disiapin list2 barang yg mw dibeli sesuai kebutuhan.

      Note:papa(general manager),mama(procurement)
      Mngkn sprt itu gambaran sederhananya,klo ada kesalahan harap maklum y gan,karna yg smpurna hanya tuhan😁

      Hapus
  2. ani martam
    apa saja sich yang harus dikuasai untuk seorang purchasing,saat pertama menjabat purchasing

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut saya, yang terpenting dari purchasing adalah kita harus bisa melakukan percakapan yang menyenangkan, karena skill menguasai percakapan itu sangat penting dalam menawar atau mencari barang, berikutnya sudah pasti harus teliti.

      semoga membantu... :)

      Hapus
    2. dan harus bisa mengambil hati supplier supaya bisa mendapatkan harga paling rendah dgn kualitas bagus dan TOP paling lama

      Hapus
  3. indah...

    klo bole tau lagi sbener'a syarat untuk mnjadi seorang purchasing apa y???
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada syarat khusus untuk menjadi purchasing, karena saya yakin semua pasti bisa menjadi purchasing asalakan kita tekun dalam menjalaninya.

      semoga membantu ... :)

      Hapus
  4. Purchasing itu pekerjaan yang susah-susah gampang. Dan resikonya lumayan besar jika salah order barang. Jadi butuh komunikasi antara purchasing, user dan storeman agar tidak menemui kesalahan. Dikantor saya sangat sering terjadi kesalahan karena tidak sinkronnya purchasing dan user ditambah lagi storeman kadang kurang jeli bahkan asal terima barang yang salah. kalau begini, purchasing yang bertanggung jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dalam hal ini, dan jalan keluarnya adalah harus diperbaiki lagi komunikasi antar departemen, karena tidak mungkin didalam perusahaan suatu departemen bisa berhasil tanpa bantuan dari departemen lainnya.

      semoga membantu ... :)

      Hapus
    2. mas teguh saya mau kirim P.R DARI EMAIL PI SAYA SUSAH DALAM MEMBUAT LAMPIRAN KATA PENGANTAR KE BOS BISA DIBANTU Maklum baru belaja hehehe

      Hapus
  5. maksud dari support yang bgus itu bgaimana ya?


    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud dari support disini adalah servis yang diberikan oleh sipenjual, bisa berupa keterangan untuk kelebihan dan kekurangan untuk barang yang kita beli dll. karena tidak semua penjual / supplier dapat memeberikan penjelasan yang baik terhadap kita.

      semoga membantu .. :)

      Hapus
  6. maksud dari support yang bgus itu bgaimana ya?


    BalasHapus
  7. maka garis besarnya adalah seperti diatas, namun kalau kita mengalaminya secara langsung maka akan berbeda... :) : mohon diulas PERBEDAAN tsb. trima ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud penulis adalah hal diatas merupakan kejadian yang dialami oleh penulis sendiri, mungkin kejadian diatas atau tugas purchasing di masing-masing perusahan berbeda-beda.

      semoga membantu ... :)

      Hapus
    2. tetapi pada dasarnya pekerjaan purchasing di setiap perusahaan, sama

      Hapus
  8. saya seorang purchasing dan saya baru saja bekerja selama 4 minggu saya sangat bingung menjadi purchasing ya susah - susah gampang. bagaimana ya caranya agar saat kita minta penawaran harga itu dapat cepat mendapatkan harga trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mendapatkan penawaran dengan cepat mungkin tidak butuh trik khusus, karena pada dasarnya purchasing lah yang dicari, karena biasanya setiap penjual / supplier ingin para purchasing membeli barang dari supplier tersebut.

      kalau memang mendapatkan penawaran dari supplier lama, kemungkinan si sales / penjual tersebut sedang sibuk atau permintaan kita tidak sampai ke mereka, hal yang termudah adalah disetiap permintaan kita, kita tulis saja kalau barang dibutuhkan cepat, atau top urgent.
      dan juga jangan lupa di follow up, apakah permintaan harga kita sudah sampai mereka atau belum.

      semoga membantu ... :)

      Hapus
    2. diusahakan kita jangan mempunya 1 supplier, carilah supplier lain sebagai pembanding.
      dan rajin buka-buka internet untuk mendapatkan supplier lain

      Hapus
    3. Mas maksutnya di follow up itu bagaimana ya?tolong penjelasannya, saya besok hari pertama masuk kerja sebagai stagg purchasing...

      Hapus
  9. mohon bimbingan dan masukannya yaa trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. pekerjaan tersebut akan kita kuasai seiring dengan waktu kita terjun didalamnya.
      yang pasti harus pintar mengambil hati supplier maupun si user barangnya terutama untuk barang yang diorder secara mendadak

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. saya adalah siswi yang sedang PKL/magang dan baru hari prtama di suatuu perusahaan dan saya sudah di beri tugas banya sekali yaitu ngefax,konsultasi fax,dan banyak lagi pekerjaan yang blom saya ketahui,,,dalam perusahaan ituh maksud dari PO ituh apa?
    dan gimana siih cara mengatasi pekerjaan yang sangat bnyak dan bisa di selesaikan dalam satu hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. PO itu adalah Purchase Order atau surat pesanan barang dimana disitu tercantum semua data yang diperlukan untuk bisa memesan barang.
      cara mengatasai pekerjaan yang sangat banyak, pilah-pilah dahulu pekerjaan tersebut menurut kategori urgenitasnya, dan dahulukan pekerjaan yang urgent.
      kerjakan dengan tenang supaya semua pekerjaan tersebut bisa selsesai.

      Hapus
  12. Kalau ditempat saya, sebenarnya tugas purchasing gak terlalu rumit. Cuman user nya yang kadang bawel minta ampun. Sering sekali buat request pagi, barang harus sudah ada siang nya. Padahal, yang di request bukan critical parts.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pun mengalami hal serupa,,,tambahannya kerja sebagai purchasing itu harus siap dibawah tekanan..harus pintar berbohong juga demi kelancaran perusahaan...:)

      Hapus
  13. awal bekerja saya sebagai purchasing dimana saya tidak memiliki pengetahuan akan pekerjaan itu tapi seiring waktu saya menyukai pekerjaan tersebut.
    walaupun saya sudah berganti pekerjaan lain tapi tetap saja kembali ke purchasing lagi

    BalasHapus
  14. banyak suka dukanya posisi pekerjaan ini

    BalasHapus
  15. terimakasih atas penjelasannya tentang purchasing. saya jadi tertarik.

    BalasHapus
  16. purchasing adalah pekerjaan yang paling menyenangkan dari semua jenis JOB,, Why??? karna sebenarnya banyak sekali keuntungan yang didapat dari pekerjaan ini..

    BalasHapus
  17. Semangat Pagiii,,, dear all purchasing

    BalasHapus
  18. Semangat Pagiii,,, dear all purchasing

    BalasHapus
  19. pagi,,,mau info dong ,,, apakah pembyran biaya no produksi misal biaya bpjs,perjlnan dinas,juga melalui purchasing?terimakasih

    BalasHapus
  20. Mohon infonya dong.. keuntungan yang didapat seorang purchaser itu apa saja?

    BalasHapus
  21. Jika ada ingin perbandingan harga bisa minta penawaran harga kepada kami CV. INDOPRIMA UTAMA yang bergerak di bidang Percetakan & Perdagangan Umum
    Trima Kasih
    Email : cvindoprimautama@gmail.com
    nur.arifin115@gmail.com

    BalasHapus
  22. saya banyak dengar bahwa purchasing adalah "lahan basah" bagi seorang staff di backoffice.. adakah yg bisa menjelaskan bagaimanakah proses untuk menjadikan seorang purchasing menjadi "lahan basah" itu tersebut ?
    apakah harus bekerja sama dengan finnance, accounting ataupun divisi lainnya apa hanya berhubungan dengan supplier saja ? saya penasaran dengan caranya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya lahan basah itu apa? Ngmng2 mas/mb sudah jd purchaser? Sy mau tanya2 dong, bole mnta alamat emailnya??

      Hapus
  23. Kira-kira berapa kisaran gaji untuk purchasing yang belum punya pengalaman?

    BalasHapus
  24. untuk memudahkan pekerjaan purchasing adalah dengan mempunyai banyak data supplier. dan cara paling mudah untuk dapet data supplier adalah minta ke supplier yg sudah jadi rekanan..saya sering ko bantu purchasing cari barang yg murah dan berkualitas. bahkan barang yg menurut purchasing sulit dicari pun saya bisa bantu cariin. kendala purchasing itu kadang nama barang yg dimaksud beda dengan supplier..
    blatindoputra utama supplier material handling euipment 081286086862 www.kukdong-chainhoist.com
    klo temen2 butuh info supplier bs hubungi saya. thanks

    BalasHapus
  25. saya mahasiswa pkl di program studi Keuangan dan Perbankan, tetapi di tpt perusahaan pkl saya, saya di tempatkan di bagian purchasing, saya masih sangat bingun mencari JUDUL di bagian purchasing yang sesuai dgn program studi saya, apa masalah keuangan yg harus saya teliti di purchasing atau analisis tentang apa yg harus saya analisis yg sesuai dgn program saya, study "keuangan dan perbankan", apa kah ada yg bisa membantu? trims

    BalasHapus
  26. hey para purchasing, kalau ada yg butuh untuk suplyer/vendor jasa pengangkutan sampah, limbah B3 dan non B3.harga boleh di bandingkan harga penawaran terbaik kami dengan perusahaan limbah lain, bisa hubungi kami : office : 021-98220264
    Hp : 085779599993 Romdhoni Zaini email : sunnurlogam@gmail.com

    BalasHapus
  27. Bagi yang membutuhkan supplier bahan2 fiberglass, bisa menghubungi www.fiberglassindonesia.com

    BalasHapus
  28. mau tanya apakah bisa seseorang yang menjabat manager Accounting tp dia juga menjaba senagai manager purchasing?

    BalasHapus
  29. Bagi yang membutuhkan tas sebagai media promosi bisa hub kami di 0813 2666 1616, WA 085 6269 1515. www.olinbags.com

    BalasHapus
  30. Bagi yang membutuhkan tas sebagai media promosi bisa hub kami di 0813 2666 1616, WA 085 6269 1515. www.olinbags.com

    BalasHapus
  31. Dear All,

    Bagi yg membutuhkan Plate baik SPCC, SPHC PO, SPHC, Dan pembuatan Box Pane, Serta Fabrication bisa Hub Kami

    PT. Global Semesta Mandiri
    0812 1935 3354

    Terimakasih,

    Salam,
    Yazid Arrosyad

    BalasHapus
  32. hai semuanyaa,,
    saya ingin tanya, kalo boleh tau kisaran gaji diposisi staff purchasing berapa ya? makasih semuanya

    BalasHapus
  33. Kami adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang Reklame di senen, Percetakan, Advertising dan Promosi yang telah berdiri sejak Tahun 2001 dan terletak di pusat kota Jakarta Pusat. Dengan Sumber Daya Manusia yang Profesional dan didukung dengan Mesin ber-Tekhnologi  Modern maka kami akan memberikan pelayanan yang Terbaik untuk perusahaan Anda.

    Kami melayani pesanan kebutuhan barang Cetakan untuk Perusahaan Anda seperti Company Profile, Letter Head, Envelope, Leaflet, Name Card, Brochuer, Invoice, ID Card dll. Selain itu kami juga menyediakan barang untuk sarana Promosi Perusahaan Anda berupa Souvenir-souvenir Exclusif seperti Payung, Jam, Kalender, Pulpen, Mug, Pin Bros, kop surat, undangan, stempel, spanduk, banner, umbul umbul, viber, glass, lencana medali, gantungan kunci karet, id card, neon box, huruf kuningan, stainless alumunium, sablon kaos, topi, dll. Serta untuk kelengkapan / kebutuhan Event-event Perusahaan seperti Seminar,  Company Meeting, Launching Product berupa Plakat, Piagam Penghargaan, Paper Bag, Folder, Backdrop, dll.

    Pesanan Anda dapat kami Antar dan Jemput ke alamat Perusahaan Anda sehingga anda tidak perlu membuang biaya dan waktu lebih untuk mengurus pesanan tersebut. Hanya  dengan mengirimkan Data via E-mail ke (cahayapromotion.com@gmail.com) atau via BBM (Pin BB 523F2606) WA di (0815 1471 9554)  maka pesanan anda akan segera kami proses, namun tentunya setelah ada kesepakatan antara kedua belah pihak mengenai harga dan waktu pengiriman. Dan untuk keterangan produk kami, anda dapat melihat beberapa hasil dari produksi kami pada Tab Product yang telah kami sediakan di atas.

    Mengenai harga, harga yang kami tawarkan tentunya sangat Kompetitif dan disesuaikan dengan Kwalitas dan Waktu yang Anda inginkan. Dan sebagai pertimbangan anda, pada Tab Our Client kami juga mencantumkan beberapa Perusahaan yang sampai saat ini masih menggunakan jasa kami.

    Untuk itu, segeralah menghubungi dan bekerjasama dengan kami karena KWALITAS dan WAKTU Anda adalah PRIORITAS Kami dan KEPERCAYAAN Anda adalah HARAPAN dan TANGGUNG JAWAB Kami.

    Terima Kasih atas Perhatian, Kerjasama dan Kepercayaan Anda.

    Best Regards,
    Sopian

    (Cahaya Promotion)

    BalasHapus
  34. Saya mau tanya seperti apa sih standar job desk seorang purchasing ?, dan seperti apa intraksi dgan devisi department yang terkait ?. Thanks

    BalasHapus
  35. Adakah referensi untuk Purchasing Hotel, terimakasih

    BalasHapus
  36. Mas saya mau nanya. Saya seorang wirausahawan. Saya terkadang bingung apakah seorang purchasing yg ordernya deal dengan saya harus saya kasih persenan atau nggak. Soalnya yang bersangkutan gak ngomong di depan. Tetapi kalau gak ngasih saya takut itu akan jadi bahan pertimbangan untuk tidak ngorder lagi ke saya di kemudian hari. Apakah pendapat saya ini salah atau benar bahwa mungkin seorang bagian purchasing itu sebenanrnya menunggu persenan dari supplier tetapi ia takut ketahuan kantor atau itu tidak etis untuk dikatakan dan berharap jika si suppliernya yang ngerti . Demikian terima kasih

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. maaf mau tanya apa sih masalah yang sering terjadi dalam purchasing dan bagaimana cara mengatasinya ?

    BalasHapus
  39. Mas saya mau tanya saya hari ini ada interview saya ambil posisi purchasing biasanya apa saja yang di tanyakan ketika interview? Terima lasih

    BalasHapus
  40. Gimana sih jadi purchasing yang tegas, biar barang yg diinginkan datang tepat waktu?

    BalasHapus
  41. kami dari rempahmasak.com menjual sayuran dan bumbu masakan secara online. menyuplai restoran, hotel, ketring, dan usaha kuliner lainnya secara rutin. hub. 081317837495

    BalasHapus
  42. maaf saya mau tanya bagaimana prosedur pemesanan barang yang dipesan oleh salah satu unit lapang ?. makasih

    BalasHapus
  43. kalau pengalaman saya, jika ingin barang yang kita beli sampai tepat waktu yaitu dengan melakukan follow up secara berkesinambungan, jika sudah kirim PO dan bayar minta supplier menginformasikan no resi pengiriman.
    semoga membantu :)

    BalasHapus
  44. oke thanks mba rachma atas infonya, terkadang pengajuan pengadaan barangnya bisa berubah boleh dibilang tidak valid kurang koordinasi antar org pelaksana dengan kepala unit kerja. itu mba yg jdi permasalahan saya mba

    BalasHapus
  45. maaf.... saya jurusan DESAIN GRAFIS apakah bisa menjadi bagian Purcashing. Dan dari mana saya mulai belajar Purcashing.
    Terima Kasih

    BalasHapus
  46. Selamat Siang admin.
    maaf.... saya jurusan DESAIN GRAFIS apakah bisa menjadi bagian Purcashing. Dan dari mana saya mulai belajar Purcashing.
    Terima Kasih

    BalasHapus
  47. Wah jadi ada bayangan saya tentang purchasing, klo purchasing hotel gimana ya
    fungsitugas

    BalasHapus
  48. kalo purchasing di PT. Djarum gajinya berapa ya?

    BalasHapus
  49. Saya ingin tau dasar input barang
    Caranya langkah langkahnya.
    Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  50. ada sesiapa boleh tolong bagi contoh kata ayat yg di tulis dlm sewaktu mau mnghantar PO kepelanggan..

    karna smpai skrg sya bingung tiap mau ngntar email..gk tau mau nulis apa...karna jujur sya emg gk tau apa2 dn gk fham cara krja purchasing..sya jga gk bisa bhasa inggris

    BalasHapus
  51. Saya mau tanya dong, kalau tugas purchasing di perusahaan mesin2 kontraktor atau alat berat biasa nya apa aja nya??

    BalasHapus